Tugas Matematika
SIFAT-SIFAT LIMIT DAN CONTOH SOALNYA SERTA SOAL KONTEKSTUAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN LIMIT
Rahmat Abadan Gasalba (29) XI IPS 2SIFAT-SIFAT LIMIT
- lim x →a c = c
- lim x →a xn = an
- lim x →a c f(x) = c lim x →a f(x)
- lim x →a ( f(x) + g(x)) = lim x →a f(x) + lim x →a g(x)
- lim x →a ( f(x) x g(x)) = lim x →a f(x) x lim x →a g(x)
- lim x →a f(x)/g(x) = (lim x →a f(x))/(lim x →a g(x))
- lim x →a f(x)n = (lim x →a f(x))n
- lim x →a n√ f(x) = n√lim x →a f(x)
CONTOH SOAL SIFAT-SIFAT LIMIT
1. Contoh sifat lim x →a c = c
Tentukan nilai lim x →2 7 !!!!Jawab :Dik :a = 2c = 7Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus lim x →a c = c, maka :lim x →2 7 = 7Jadi nilai dari lim x →2 7 adalah 72. Contoh sifat lim x →a xn = an
Tentukan nilai lim x →2 x3 !!!Jawab :Dik :a = 2n = 3Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus lim x →a xn = an , maka :lim x →2 x3 = 23lim x →2 x3 = 8Jadi nilai dari lim x →2 x3 adalah 83. Contoh sifat lim x →a c f(x) = c lim x →a f(x)
Tentukan nilai lim x →2 4( x + 2 ) !!!Jawab :Dik :a = 2c = 4f(x) = ( x + 2 )Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus lim x →a c f(x) = c lim x →a f(x), maka :lim x →2 4( x + 2 ) = 4 (lim x →2 ( 2 + 2 ))lim x →2 4( x + 2 ) = 4 (lim x →2 4)lim x →2 4( x + 2 ) = 16Jadi nilai lim x →2 4( x + 2 ) adalah 164. Contoh sifat lim x →a ( f(x) + g(x)) = lim x →a f(x) + lim x →a g(x)
Tentukan nilai lim x →2 ( x3 + x4) !!!!!Jawab :dik :a = 2f(x) = x3g(x) = x4Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus lim x →a ( f(x) + g(x)) = lim x →a f(x) + lim x →a g(x), maka :lim x →2 ( x3 + x4) = lim x →2 x3 + lim x →a x4lim x →2 ( x3 + x4) = 23 + 24lim x →2 ( x3 + x4) = 8 + 16lim x →2 ( x3 + x4) = 24Jadi nilai lim x →2 ( x3 + x4) adalah 245. Contoh sifat lim x →a ( f(x) x g(x)) = lim x →a f(x) x lim x →a g(x)
Tentukan nilai lim x →2 ( x3 . x4) !!!!!Jawab :dik :a = 2f(x) = x3g(x) = x4Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus lim x →a ( f(x) x g(x)) = lim x →a f(x) x lim x →a g(x), maka :lim x →2 ( x3 . x4) = lim x →2 x3 . lim x →2 x4lim x →2 ( x3 . x4) = 23 . 24lim x →2 ( x3 . x4) = 8 . 16lim x →2 ( x3 . x4) = 128Jadi nilai dari lim x →2 ( x3 . x4) adalah 1286. Contoh sifat lim x →a f(x)/g(x) = (lim x →a f(x))/(lim x →a g(x))
Tentukan nilai lim x →2 ( x4 / x3) !!!!!Jawab :dik :a = 2f(x) = x4g(x) = x3Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus limx →a ( f(x)/g(x)) = (lim x →a f(x))/(lim x →a g(x)), maka :lim x →2 ( x4/x3) = (lim x →2 x4)/(lim x →2 x3)lim x →2 ( x4/x3) = 24/23lim x →2 ( x4/x3) = 16/8lim x →2 ( x4/x3) = 2Jadi nilai dari lim x →2 ( x4/x3) adalah 27. Contoh sifat lim x →a f(x)n = (lim x →a f(x))n
Tentukan nilai lim x →2 ( x4 + 1)2 !!!!!Jawab :Dik :a = 2f(x) = x4 + 1n = 2Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus lim x →a f(x)n = (lim x →a f(x))n, Maka :lim x →2 ( x4 + 1)2 = (lim x →2 x4 + 1)2lim x →2 ( x4 + 1)2 = (24 + 1)2lim x →2 ( x4 + 1)2 = (16 + 1)2lim x →2 ( x4 + 1)2 = 172lim x →2 ( x4 + 1)2 = 289Jadi nilai dari lim x →2 ( x4 + 1)2 adalah 2898. Contoh sifat lim x →a n√ f(x) = n√lim x →a f(x)
Tentukan nilai lim x →22√x4 !!!!!Jawab :Dik :a = 2f(x) = x4n = 2Masukan semua hal yang diketahui ke dalam rumus lim x →a n√ f(x) = n√lim x →a f(x), maka :lim x →22√x4 = 2√lim x →2 x4lim x →22√x4 = 2√24lim x →22√x4 = 2√16lim x →22√x4 = 4Kesimpulan
Jika ingin lebih mahir dalam mengerjakan soal-soal matematika tentang limit maka kitaharus hafal di luar kepala 8 sifat limit yang sudah dijelaskan di atas.SOAL CERITA
Soal Cerita 1
Seekor lebah diamati sedang hinggap di tanah pada sebuah lapangan. Pada suatu saat, lebah tersebut diamati terbang membentuk sebuah lintasan parabola. Setelah terbang selama 1 menit, lebah tersebut telah mencapai ketinggian maksimum sehingga ia terbang datar setinggi 5 meter selama 1 menit. Pada menit berikutnya, lebah tersebut terbang menukik lurus ke tanah sampai mendarat kembali pada akhir menit ketiga.
Coba kamu modelkan fungsi lintasan lebah tersebut!
Cobalah kamu tunjukkan grafik lintasan terbang lebah tersebut.
Jadi, model fungsi lintasan lebah tersebut berdasarkan gambar di atas adalah:
dengan a, b, c, m, n bilangan real. Dari ilustrasi, diperoleh data sebagai berikut.
Misalkan posisi awal lebah pada saat hinggap di tanah adalah posisi pada waktu t = 0 dengan ketinggian 0, disebut titik awal O(0,0),
Kemudian lebah terbang mencapai ketinggian maksimum 5 meter pada waktu t = 1 sampai t = 2, di titik A(1,5) dan B(2,5).
Pada akhir waktu t = 2, lebah kembali terbang menukik sampai hinggap kembali di tanah dengan ketinggian 0, di titik C(3,0).
Berdasarkan data tersebut, kita akan menentukan fungsi lintasan lebah, dengan langkah-langkah berikut.
1. Substitusi titik O(0,0) ke fungsi kuadrat f(t)= at2 + bt + c diperoleh c = 0.
2. Substitusi titik A(1,5) ke fungsi kuadrat f(t)= at2 + bt + c diperoleh a + b + c = 5, karena c = 0, maka a + b = 5.
3. Karena fungsi kuadrat mencapai maksimum pada saat t = 1 maka atau 1 b = -2a.
- Dengan mensubstitusi b = –2a ke a + b = 5 maka diperoleh a = –5 dan b = 10.
- Jadi, fungsi kuadrat tersebut adalah f(t) = –5t 2 + 10t.
- Lebah tersebut terbang konstan pada ketinggian 5 maka fungsi lintasan tersebut adalah f(t) = 5.
- Substitusi titik B(2,5) ke fungsi linear f(t) = mt + n, diperoleh 5 = 2m + n.
8. Substitusi titik C(3,0) ke fungsi linear f(t) = mt + n, diperoleh 0 = 3m + n atau n = –3m.
- Dengan mensubstitusi n = –3m ke 5 = 2m + n maka diperoleh m = – 5 dan n = 15.
- Fungsi linear yang dimaksud adalah f(t) = –5t + 15.
Dengan demikian, model fungsi lintasan lebah tersebut adalah:
Selanjutnya limit fungsi pada saat t = 1 dan t = 2 dapat dicermati pada tabel berikut.
Dari pengamatan pada tabel, dapat kita lihat bahwa y akan mendekati 5 pada saat t mendekati 1 dan y akan mendekati 5 pada saat t mendekati 2. Perhatikan strategi lainnya. Mari perhatikan nilai fungsi pada t mendekati 1 dari kiri dan kanan, sebagai berikut:
- Untuk t mendekati 1
lim->1- -5t^2+10t = 5(disubtitusikan)
lim->1+ 5 = 5 (karena sudah pasti)
- Untuk t mendekati 2
lim->2- 5 = 5 (karena sudah pasti)
lim-2+ -5t+15 = 5 (disubtitusikan)
berarti dapat dinyatakan lim->2+ 5= lim->2- -5t^2+10t
sehingga fungsi lintasan tawon mempunyai limit sebesar 5 pada saat t mendekati 2Soal Cerita 2
Tiga anak (sebut nama mereka: Ani, Budi dan Candra) sedang bermain tebak angka. Ani memberikan pertanyaan dan kedua temannya akan berlomba memberikan jawaban yang terbaik. Perhatikanlah percakapan mereka berikut.
Alternatif Penyelesaian
Kedua teman Ani berlomba memberikan jawaban bilangan terdekat ke 3, seperti pada Gambar 10.4. Pada awalnya Budi dan Candra mengambil bilangan yang terdekat ke 3 dari kiri dan kanan sehingga mereka menjawab 2 dan 4. Ternyata masih ada bilangan real lain yang terdekat ke 3, sehingga Budi harus memberi bilangan yang lebih dekat lagi ke 3 dari kiri, maka Budi menyebut 2,5.
Hal ini membuat Candra ikut bersaing untuk mencari bilangan lain, sehingga ia menjawab 3,5. Demikianlah mereka terus-menerus memberikan jawaban sebanyak mungkin sampai akhirnya mereka menyerah untuk mendapatkan bilangan-bilangan terdekat ke-3.
Berdasarkan pemahaman kasus ini, ternyata ketidakmampuan teman-teman Ani untuk menyebutkan semua bilangan tersebut telah membuktikan bahwa begitu banyak bilangan real di antara bilangan real lainnya. Jika dimisalkan x sebagai variabel yang dapat menggantikan jawaban-jawaban Budi dan Candra maka x akan disebut bilangan yang mendekati 3 (secara matematika, dituliskan x → 3).
SOAL KONSTEKTUAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN LIMIT
Soal No. 1
Tentukan hasil dari:
Pembahasan
Limit bentuk
diperolehSoal No. 2
Pembahasan
Limit aljabar bentuk
Substitusikan saja nilai x,Berikutnya dilanjutkan dengan tipe metode turunan yaitu limit x menuju angka tertentu dimana jika disubstitusikan langsung mendapatkan hasil yang tak tentu.
Soal No. 3
Tentukan nilai dari
Pembahasan
Jika angka 2 kita substitusikan ke x, maka akan diperoleh hasil 0/0 (termasuk bentuk tak tentu), sehingga selesaikan dengan metode turunan saja.
Soal No. 4Tentukan nilai dari
Pembahasan
Masih menggunakan turunan
Soal No. 5Nilai
A. −1/4
B. −1/2
C. 1
D. 2
E. 4
(Soal Limit Fungsi Aljabar UN 2012)
Pembahasan
Bentuk 0/0 juga, ubah bentuk akarnya ke bentuk pangkat agar lebih mudah diturunkan seperti ini
Turunkan atas - bawah, kemudian masukkan angka 3 nyaSoal No. 6
Nilai dari
A. 16
B. 8
C. 4
D. -4
E. -8
(Matematika IPS 013)
Pembahasan
Bentuk 0/0 juga, dengan turunan:atau dengan cara pemfaktoran:
Soal No. 7
Nilai
A. − 2/9
B. −1/8
C. −2/3
D. 1
E. 2
un matematika 2007
Pembahasan
Dengan substitusi langsung akan diperoleh bentuk 0/0.
Cara PertamaPerkalian dengan sekawan dan pemfaktoran:
Cara Keduadengan turunan:
Catatan
Cara menurunkan
Ubah dulu bentuk akar jadi bentuk pangkat, kl akar pangkat dua itu sama saja dengan pangkat setengah, jadinyaTurunan dari 3 adalah nol, ga usah ditulis, lanjut turunan dari
dicari pakai turunan berantai namanya, prakteknya begini:
Pangkatnya taruh depan, terus pangkatnya dikurangi satu, terus dikali dengan turunan dari fungsi yang ada dalam kurung. x2 – 7 kalo diturunkan jadinya 2x – 0 atau 2x saja. Jadinya:Contoh berikutnya limit x menuju tak berhingga dalam bentuk f(x)/g(x). Kesimpulan berikut digunakan pada tiga nomor berikutnya:
Soal No. 8Tentukan nilai dari
Pembahasan
Limit x menuju ∞ dengan pangkat tertinggi yang sama, m = n
Soal No. 9Tentukan nilai dari
Pembahasan
Limit x menuju ∞ dengan pangkat tertinggi dari pembilang lebih tinggi dari penyebutnya, m > n
Soal No. 10Tentukan nilai dari
Pembahasan
Limit x menuju ∞ dengan pangkat tertinggi dari pembilang lebih rendah dari penyebutnya, m < n
Contoh berikutnya tipe soal limit → ∞ yang berbentuk "Selisih Akar Kuadrat".
Ini rumus yang nanti digunakan:Daftar Pustaka: